Pengenalan Kriptografi Dasar


Apa sih itu Kriptografi ? jadi kriptografi itu adalah suatu cara atau teknik untuk mengubah informasi, informasi nya dapat berupa pesan/chat , tulisan yang ada di dalam surat, dsb. 

apa sih gunanya kriptografi ini, gunanya adalah agar pesan yang kita sampaikan dapat di terima tujuan dengan aman, dan susah di baca oleh orang lain (pihak ketiga). pastinya gak enak kan kalau kita chat-chat an sama pacar terus di ketahui sama orang lain (mantan).

Kalau misalnya pas zaman dahulu. seperti yang kita kenal julius caesar yang merupakan seorang pemimpin militer untuk kerajaan romawi. Dia memanfaatkan kriptografi ini untuk mengirimkan pesan kepada aliansi / tentaranya. Makanya sekarang disebut juga dengan sandi Caesar / Caesar Cipher.



Bahkan Ketika perang dunia pun Kriptografi masih tetap di gunakan loh. apakah teman teman tau mesin yang bernama Enigma ?Mesin Enigma ini dulu nya di gunakan dalam kriptografi untuk pesan menjadi sandi rahasia. dan tokoh pemecah sandi dari mesin Enigma ini adalah alan turing. beginilah penampakan mesin enigma.


nah itu sedikit informasi tentang mesin enigma. terus bagaimana dengan sekarang ? apa kriptografi ini masih di gunakan ? Tentu saja masih di gunakan contohnya adalah protokol HTTPs . Di mana protokol ini sudah banyak di terapkan di berbagai website besar seperti Google, Facebook, Twitter, Youtube, Dsb.

HTTPS bisa kita lihat di browser dimana biasanya HTTPS ini di tandai dengan warna hijau gambar gembok pada bagian kiri kolom address bar. Yang berarti website tersebut memiliki certificate untuk keamanan pengakses website tersebut baik dari client ke server maupun sebaliknya. 



HTTPS merupakan salah satu contoh dari sekian banyaknya penggunaan kriptografi di era saat ini . sadar atau tidak sadar , mau atau tidak mu bahwa kita telah menggunakan kriptografi.

Selanjutnya kita akan membahas tentang "Cryptool 1" bisa kalian download di sini . Jadi Cryptool 1 ini adalah salah satu aplikasi yang di gunakan untuk melakukan enkripsi dan deskripsi pesan. Sebelum kita lanjut bahas toolnya kita akan membahas apa itu enkripsi dan deskripsi.

Enkripsi yaitu suatu proses pengaman suatu data yang disembunyikan atau proses konversi data (plaintext) menjadi bentuk yang tidak dapat dibaca/ dimengerti. sedangkan Dekripsi yaitu kebalikan dari proses enkripsi yaitu proses konversi data yang sudah dienkripsi (ciphertext) kembali menjadi data aslinya (Original Plaintext) sehingga dapat dibaca/ dimengerti kembali.

Sekarang kita kembali lagi bahas Cryptool. Cryptool ini banyak sekali menggunakan kriptografi symetric, asymetric, modern kriptofrafi (entah itu makanan apa). Bahkan cryptool 1 ini bisa di gunakan untuk analisis pesan yang di enkripsi secara otomatis.

ketika membuka Cryptool, akan keluar tampilan pertama berupa file defaultnya (startingexamplen.txt) seperti berikut :


oke sekian bahasan materi kali in. semoga bermanfaat.

1 Response to "Pengenalan Kriptografi Dasar"

Berkomentarlah dengan baik dan Sopan. Merupakan suatu keindahan bisa saling berbagi ilmu dengan sesama. Tinggalkan link blog mu biar mudah saya kunjungi balik. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel