7 Hal Yang Harus Di Lakukan Setelah Install Termux


Halo sobat catatan hacking, kali ini saya akan mengulas tentang hal yang harus di lakukan setelah install termux di smartphone. Artikel ini di buat karena saya sendiri juga baru install termux kemaren hehehe. Dan bingung mau ngapain, soalnya selama ini saya pakai linux di pc. oiya sebelum saya bahas materinya sebaiknya kita kenalan dulu.

Apa Sih itu Termux ?


Termux adalah aplikasi android terminal dan linux environtment yang dapat berjalan tanpa membutuhkan root sama sekali. Nah dengan kata lain aplikasi ini dapat memberikan akses seperti terminal pada umumnya, dan sobat bisa menggunakan linux di dalam aplikasi ini. (sumber : cuman-android.blogspot.com)

Berikut adalah hal yang harus di lakukan setelah install termux :


1. Update dan Upgrade


yap betul sekali ini wajib dilakukan biar saat install tool / aplikasi yang di butuhkan di termux tidak terjadi eror, untuk menjalankan nya tinggal ketik di termux perintah di bawah ini lalu enter.
    pkg update && pkg upgrade


2. Memunculkan Tombol Ctrl

nah untuk kalian yang pertama kali install pasti bingung cara memunculkan tombol ini, dan langsung mencarinya di google atau youtube. Cara nya cukup tekan tombol power tambah/+ terus klik q/Q nanti akan muncul tombolnya seperti ini. dan untuk menghilangkannya tinggal tekan kembali tombol power tambah/+ terus klik q/Q. Sangat mudah sekali bukan.



3. Permission Storage




pernah kan kalian saat menjalan kan perintah cd sdcard/ tapi yang ada malah muncul pesan eror. padahal masalahnya cukup sepele, cuman karena file permission termuxnya belom kita ijinkan atau aktifkan. Hal ini lah yang menyebabkan termuxnya tidak bisa mengakses sdcard kamu. cara nya mudah. tinggal tahan icon termux, lalu geser ke app info setelah itu klik Permission , storage tinggal centang. Untuk mengeceknya tinggal kamu jalankan perintah cd sdcard/ nya lagi apakah masih eror atau tidak


4. Membersihkan Sampah Residual

sampah residual ini adalah library yang sudah tidak di butuhkan lagi. Tentu sangat mengganggu, dari pada menuhin storage smartphone kita mending di hapus saja dengan mengetikkan perintah.

    pkg autoremove

5. Menginstall Paket / Aplikasi yang di Perlukan

nah ini penting banget contohnya saja nih, misal kita mau melakukan git clone dan ternyata yang muncul malah pesan error command not found atau paket belum terinstall. langsung saja ketik perintah
    pkg install git atau pkg install (nama paket)

6. Konfigurasi penyimpanan

agar termux bisa membaca media penyimpanan di smartphone kita. hal yang harus kita lakukan adalah melakukan perintah "termux-setup-storage" , untuk mengeceknya tinggal ketik ls lalu enter apakah sudah muncul atau belom.

7. Pahami perintah dasar termux / linux

hal yang paling sepele dan selalu di lupakan, padahal belajar perintah dasar itu sangat penting sekali. biar kita tahu apa fungsi dan tujuan perintah yang bertebaran di internet, salah salah bisa jadi kita di tipu oleh tutorial abal abal yang memberikan perintah berbahaya di termux. tentu kamu pasti tidak mau kan hal itu terjadi di smartphone kesayangan kamu. untuk mengetahui apa saja perintah berbahaya di termux bisa di baca di artikel saya yang ini .

demikian 7 hal yang harus di lakukan setelah install aplikasi termux di smartphone android. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kamu yang baru mengenal linux. kalau suka jangan lupa di share ya.

11 Responses to "7 Hal Yang Harus Di Lakukan Setelah Install Termux"

  1. Oke gan. Coba dlu ya.

    From: https://mathcyber1997.com/soal-dan-pembahasan-irisan-kerucut-elips/

    BalasHapus
  2. Kalo penyebab termux diandroid sering force close itu kenapa ya gan ? Tiap mau proses pasti selalu keluar gitu, mohon solusinya.

    BalasHapus
  3. Termux cara kerjanya sama kayak terminal di Linux kan?

    BalasHapus
  4. Sekian lamany ane mencari artikel ini, dn skrng pun sdh dpt ;)

    BalasHapus
  5. Harus pinter coding kalau mau main termux kalau gak ya ntar ditengah2 kebingungan hm

    BalasHapus
  6. Gua pingin instal kali linux di android, gimana caranya bro..
    Tapi yang full, biar android nya hilang tsrus sistem nya jadi kali linux kira kira bisa gak?????

    BalasHapus
  7. android emang linux based.. keren bat dah.. ngefans sama linux dari SMK, jadi ininya ermux ituterminalnya gitu kan gan? untuk command sama?

    BalasHapus
  8. mantapp, boleh tak coba soalnya baru mau belajar nuyul hahah

    BalasHapus
  9. Keren tipsnya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah kalo main termux saya udah bisa wkwk
    Ya palingan hanya utk iseng saja

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik dan Sopan. Merupakan suatu keindahan bisa saling berbagi ilmu dengan sesama. Tinggalkan link blog mu biar mudah saya kunjungi balik. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel