cara-cara merawat/memperbaiki komputer dan laptop

Hai hai sobat... kalian kesal menghadapi laptop/pc yang restart sendiri ?, pasti kesal banget kan ? . saat asyik-asyiknya nonton atau ngerjain tugas ehh,, malah restart sendiri,.. gondok banget kan yah??!! nah untuk itu, saya membagikan tips dan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut,. silahkan baca dan semoga bermanfaat.. :-)


Melakukan perawatan PC
Perawatan PC meliputi:
a) Membersihkan debu dan kotoran dan debu terutama pada kipas processor
b) Membersihkan pelumas pada dinamo kipas
c) Membersihkan debu pada casing
d) Membersihkan debu pada bagian port belakang PC
e) Membersihkan keyboard dan mouse.
1. Membersihkan casing-casing
a) Gunakan lap yang halus dan bila perlu gunakan air hangat lalu peras lap nya sampai kadar air nya berkurang untuk membersihkan noda yang susah di hilangkan.
b) Bersihkan lubang ventilasi casing dengan penyedot debu atau dengan kuas.
c) Bersihkan bagian port belakang casing denggan kuas, bila perlu lumasi kuas dengan Tiner A.
2. Membersihkan monitor
Harus dilakukan dengan hati-hati biar tidak tergores , untuk membersihkan debu yang halus gunakan lap yang halus dibasahi air hangat kemudian keringkan dengan lap yang kering.untuk menghilangkan noda gunakan conpown dan sejenisnya. Untuk lubang ventilasi gunakan penyedot debu atau bisa gunakan kuas cat, sedangkan untuk layar guakan lap halus dan cairan khusus pembersih.
3. Memberrsihkan keyboard
Keyboard leih bagus dibersihkan secara berkala karena merupakan tempat bersarnag nya debu dan kotoran kalau bisa gunakan penyedot debu mini atau dengan commpresor. Sedangkan unntuk laptop bisa dengan bensin/kayu putih dengan cara berikan 3 tetesan pad keyoard kemudian tekan-tekan beberapa kali pada keyboard  yang bermasalah.
4. Membersihkan mouse
Kerusakan pada mouse sering terjadi pada scroll naik turun, itu di sebabkan karena karbo sensornya mulai menipis. Memperbaikinya buka mouse dengan melepas baut kemudian bersihkan dibagian sensor scroll gunakan alkohol dan bensin bila perlu.
5. Membersihkan pendingin processor
Pendingin processsor pasti berdebu karena menggunakan kipas yang menarik udara dari luar. Semakin lama debu haus akan berubah menjadi busa yang menutupi sirip pendingin yang akan mengakibatkan PC atau laptop akan restart padahal baru saja menyala. Cara membersihkan lepas pengait kipas pada motherboard lalu bersihkan dengan kuas yang kering sampai pendingin nya bersih dari debu.
6. Membersihkan CD room
Gejala CD room mulai lemah, kemungkinan lensa optiiknya kotor sehingga tidak bisa membaca data di CD. Cara membersihkan nya dengan lensa cleaner kit atau gunakan tissue kering usap pada bagian lensa optik nya.
7. Membersihkan printer
Membersihkan printer hampir sama dengan membersihkan casing/monitor. Lap badan printeer dengan lap yang dibasahi air hangat. Lalu sedot debu yang menempel pada port koneksi dan bagian dalam.
8. Membersihkan lensa drive optik
Drive optik seperti CD room atau DVD writer menggunakan lensa optik untuk melakukan pembacaan data dari keping disk.
Jika lensa tersebut terkena debu atau kotoran, maka hasil pembacaan menjadi tidak akurat atau error. Oleh karenaitu, perlu di lakukan perawatan menggunakan perangkat khusus pembersih lensa drve optik biasa disebut dengan “lens cleaner kit” car amenggunakan nya mudah, cukup masukan ke dalam drive optik, kemudian biarkan berputar sejenak atau ikuti menu yang muncul di layar monitor.
Perawatan PC menggunakan software
Perawatan melalui software  misalnya, hardisk dan printer. Hardisk misalnya perlu di lakukan scandisk dan defragmentasi secara berkala supaya sistem operassi tetap sehat dan stabil.
1. Scandisk
Scandisk merupaan tool utylity bawaan windows untuk memeriksa kondisi fisik hardisk dan memperbaiki bad sector. Scandisk memerikssa setiap sektor yang terdapat pada disket/hardisk dan memastikan setiap sektor tersusun dengan baik. Jika terdapat kerusakan sekktor maka scandisk akan berusaaha memperbaikinya. Jika tidak bisa diperbaiki, maka sektor tersebut ditandai sebagai bad sector dan tidak akan digunakan untuk menyimpan file.
2. Disk defragmenter
Merupakan bawaan windows yang berfungsi untuk merapikan susunan file pada hardisk. Disk defragmenter dapat dijalankan dengan klik start- all programs- accessories-system tool-disk – defragmenter.
3. Perawatan printer menggunakan software
Cleaning kip, untuk membersihkan heaad printer dan sisa tinta yang menumpuk dan mengering pada head.


nah sobat demikian lah tips dan saran menghadapi beberapa masalah pada komputer/laptop...,, selamat mencoba sobat,,.  kritik dan saran sobat semua sangat bermanfaat untuk penulis agar bisa lebih baik lagi untuk pembuatan artikel selanjutnya,,,,..

0 Response to "cara-cara merawat/memperbaiki komputer dan laptop "

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan Sopan. Merupakan suatu keindahan bisa saling berbagi ilmu dengan sesama. Tinggalkan link blog mu biar mudah saya kunjungi balik. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel